LIR PANDAWA MADHANGI BAWANA

Senin, 08 Juni 2020

Jelang Satgas Pamtas RI-Malaysia, Prajurit Padmakusuma Jalani Pemeriksaan Kesehatan


Tegal,- Dalam rangka penyiapan Satgas Pamtas RI-Malaysia di wilayah Kalimantan Barat, Komandan Yonif 407/PK beserta seluruh Prajurit yang tergabung dalam Satgas melaksanakan kegiatan pemeriksaan kesehatan. Pemeriksaan kesehatan diselenggarakan di tiga tempat yaitu Rumah Sakit DKT Pagongan Tegal, Sasana Beladiri dan Aula kapten Damhuri Amir Yonif 407/PK, Senin (08/06/2020).

Kegiatan pemeriksaan kesehatan (Rikkes) anggota Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif 407/PK yang diselenggarakan oleh Denkesyah 04.04.01 Purwokerto tersebut akan dilaksanakan selama tiga hari kedepan. Untuk mekanisme kegiatan dibagi menjadi beberapa gelombang dengan protokol kesehatan pencegahan penularan Covid-19. 


Dalam kesempatan tersebut, Pasiminkes Denkesyah 04.04.01 Purwokerto Kapten Ckm Eko Yuliono selaku koordinator umum kegiatan Rikkes menyampaikan bahwa pemeriksaan kesehatan anggota militer yang akan berangkat tugas merupakan salah satu kegiatan untuk mengetahui sejauh mana kondisi fisik dan kebugaran seorang Prajurit dengan harapan dapat mengetahui kelainan/penyakit pada Prajurit tersebut.    

Dengan pemeriksaan kesehatan dan meningkatkan derajat kesehatan personel diharapkan dapat menunjang tugas yang dibebankan kepada Prajurit guna mendukung pelaksanaan tugas secara optimal.

"Disini kami atas perintah dari Komando Atas melaksanakan pemeriksaan kesehatan Prajurit untuk Pratugas Satgas Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif 407/PK di wilayah Kalbar. Denkesyah 04.04.01 Purwokerto bertugas melaksanakan pemeriksaan kesehatan, sehingga jika ditemukan kelainan kesehatan (penyakit) bisa diambil tindakan medis yang memadai," jelasnya. 


Lebih lanjut, disampaikan adapun pemeriksaan kesehatan yang akan diperiksa secara fisik diagnostik meliputi tinggi badan dan berat badan, tensi dan nadi, gigi dan mulut, THT, Bedah, kulit, penyakit dalam, mata, paru, serta Neurologi. Sedangkan pemeriksaan laboratorium meliputi darah rutin, urine rutin, fungsi hati (SGOT, SGPT dan HbsAg), fungsi ginjal (Ureum dan Kreatinin), HIV dan Malaria. Selain itu akan dilaksanakan pemeriksaan Thorax foto, EKG dan MMPI-2).

"Untuk kesehatan jiwa akan diperiksa dan dicek, mudah-mudahan dalam pelaksanaan ini seluruh Prajurit sehat jiwanya baik fisik, mental. Dengan demikian diharapkan dapat menunjang dalam pelaksanaan tugas kedepan yaitu sebagai Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif 407/PK di wilayah Kalimantan Barat," imbuhnya.


"Semoga dalam pelaksanaannya dapat berjalan dengan tertib dan aman dan dapat mencapai sasaran yang ditentukan. Selanjutnya untuk hasil pemeriksaan untuk dijadikan sebagai evaluasi dan laporan ke Komando Atas," begitu pungkasnya.

Di sela-sela kegiatan, Komandan Yonif 407/PK Letkol Inf Sutan Pandapotan Siregar, S.I.P. menuturkan bahwa kegiatan pemeriksaan kesehatan tersebut harus dilaksanakan sebagai prosedur dan mekanisme penyiapan personel untuk Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif 407/PK Tahun 2020-2021 di wilayah Kalbar. 


Ia menyampaikan, seluruh Prajurit baik yang tergabung dalam Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif 407/PK maupun sebagai personel cadangan wajib melaksanakan rangkaian kegiatan pemeriksaan kesehatan (Rikkes). Disamping untuk penyiapan Satgas, untuk Prajurit juga dapat mengetahui kondisi kesehatannya. (GB/Padmakusuma-Red) 
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

BERITA

Diberdayakan oleh Blogger.

Total Tayangan Halaman

Cari Blog Ini

KEGIATAN BULANAN

About

Pages - Menu

Blog Archive