LIR PANDAWA MADHANGI BAWANA

Kamis, 16 Juli 2020

Tak Hanya Berlatih, Prajurit Yonif 407/PK Juga Memberikan Pelayanan Kesehatan Gratis Untuk Warga


Tegal,- Disela-sela kesibukannya dalam melaksanakan kegiatan latihan Pratugas Satgas Pamtas RI-Malaysia, Satuan Yonif 407/Padmakusuma menggelar kegiatan bakti sosial berupa penyuluhan dan pengobatan massal. Kegiatan tersebut diperuntukkan bagi warga masyarakat di daerah latihan yang membutuhkan pelayanan kesehatan, Kamis (16/07/20).

Kegiatan penyuluhan dan pengobatan gratis diselenggarakan di Pos Kotis yang berada di Banjaranyar Kec. Randudongkal Kab. Pemalang. Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh dokter Satgas pamtas RI-Malaysia Yonif 407/PK Letda Ckm dr. Bambang Irwansyah dan dibantu oleh anggota Tonkes.

Komandan Yonif 407/PK Letkol Inf Sutan P. Siregar, S.I.P. selaku Dansatgas Pamtas RI-Malaysia menjelaskan, pengobatan gratis ditujukan untuk membantu warga masyarakat di daerah latihan, khususnya yang mempunyai keluhan kesehatan. Diharapkan warga masyarakat yang belum sempat berobat di klinik maupun Puskesmas  dapat memanfaatkan kegiatan pengobatan massal.


"Kegiatan ini merupakan salah satu upaya dari tim medis Yonif 407/Padmakusuma untuk dapat memberikan pemahaman, tambahan pengetahuan dan wawasan tentang pentingnya arti kesehatan dalam meningkatkan derajat kesehatan demi kesejahteraan masyarakat terlebih ditengah-tengah pandemi Covid-19 ini," ungkap Danyonif 407/PK.

"Kami berharap warega masyarakat akan semakin sadar dan peduli untuk memelihara kesehatan. Kepedulian masyarakat dalam menjaga kesehatan menjadi sangat penting manakala dihadapkan pada mahalnya biaya pengobatan saat ini. Semoga dengan adanya kegiatan pengobatan massal secara gratis seperti ini, warga masyarakat merasa terbantu dan nyaman dengan keberadaan prajurit Yonif 407/PK,'' pungkasnya. 

Selanjutnya, pada saat penyuluhan, dr. Bambang menyampaikan kepada warga masyarakat yang hadir agar selalu menjaga dan meningkatkan kebersihan perorangan maupun kebersihan lingkungan. Disamping itu harus menjaga pola makan dan meningkatkan imunitas tubuh agar terhindar dari penyakit.


"Terlebih pada saat pamdemi Covid-19 seperti ini, kita semua harus lebih sadar diri untuk meningkatkan pola hidup sehat, lebih rajin mencuci tangan dengan sabun atau handsanitizer. Tetap patuhi protokol kesehatan pencegahan penularan Covid-19," jelasnya.

Lebih lanjut dijelaskan, dokter beserta timnya siap memberikan pelayanan kesehatan kepada warga masyarakat didaerah latihan, khususnya warga masyarakat yang membutuhkan. Memberikan pelayanan secara gratis, baik warga masyarakat yang datang ke Pos Kotis ataupun yang harus didatangi ke rumahnya.

"Tujuannya adalah memberikan dampak yang positif dan baik bagi warga masyarakat di sekitar dareah latihan. Selain tugas pokok kami sebagai dokter yaitu melayani kesehatan Prajurit, kami juga melayani masyarakat disekeliling kami.'' begitu imbuhnya.


Antusiasme warga masyarakat sangat terlihat ketika mengikuti kegiatan penggobatan gratis tersebut. Mereka mengaku sangat senang dengan adanya pengobatan massal yang diselenggarakan oleh Yonif 407/Padmakusuma, karena selain mendapatkan pelayanan kesehatan secara gratis juga tempatnya tidak jauh dari tempat tinggalnya. 

"Pengobatan massal ini ditujukan untuk membantu masyarakat di daerah latihan yang mempunyai keluhan kesehatan. Warga yang mayoritasnya adalah petani dan sudah lanjut usia ini tidak sempat berobat di klinik maupun Puskesmas karna lokasi cukup jauh, maka kami berharap dengan adanya kegiatan ini dapat dimanfaatkan untuk warga yang membutuhkan pengobatan," ungkap Danyonif 407/PK. (GB/Padmakusuma-Red)
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

BERITA

Diberdayakan oleh Blogger.

Total Tayangan Halaman

Cari Blog Ini

KEGIATAN BULANAN

About

Pages - Menu

Blog Archive