LIR PANDAWA MADHANGI BAWANA

Jumat, 16 Maret 2018

Persit KCK Ranting 4 Yonif 407 Jalani Tes IVA


Tegal,- Masih dalam rangkaian kegiatan menyambut HUT Persit KCK ke-72, anggota Persit Kartika Candra Kirana (KCK) Ranting 4 Yonif 407 Cabang LVI Brigif-4 PD IV/Diponegoro melaksanakan tes Inspeksi Visual dengan Asam Asetat (IVA) di Klinik Pratama Brigif-4/DR, Rabu (14/03).

Ketua Persit KCK Ranting 4 Yonif 407 Ny. Dewi Enrico turut hadir dalam kegiatan ini. Dijelaskan bahwa selain menyambut HUT Persit KCK, kegiatan ini juga dimaksudkan sebagai deteksi dini dikhususkan untuk anggota Persit KCK Ranting 4 Yonif 407. Diharapkan untuk tes IVA dapat dilaksanakan rutin agar dapat selalu mendeteksi lebih dini tentang penyakit tersebut. Sehingga apabila terdapat anggota yang terdeteksi penyakit ini dapat segera diatasi, karna dengan menegetahui lebih awal maka untuk menyembuhan penyakitnya akan lebih mudah. 

Lebih lanjut disampaiakn oleh Ny. Dewi Enrico, selain itu kegiatan tes IVA ini juga dimaksudkan untuk memberikan layanan dan pengetahuan untuk Persit KCK Ranting 4 Yonif 407. Seperti diketahui dampak dari penyakit ini sangat komplek, sehingga akan mempengaruhi pola hidup, karna itu untuk anggota Persit diharapkan selalu menjaga kesehatan dengan cara hidup sehat.

Tujuan dari kegiatan IVA Tes ini tidak lain adalah untuk mengurangi Morbiditas (keparahan penyakit) atau Mortalitas (kemungkinan kematian) dari penyakit dengan pengobatan dini terhadap kasus-kasus yang ditemukan dan untuk mengetahui kelainan yang terjadi pada serviks. Kanker serviks merupakan kanker mulut rahim yang disebabkan oleh virus Human Papilloma Virus (HPV) yang dapat mengakibatkan kematian oleh penderitanya.

Disampaikan oleh dr. Jaka Riska dari Rumkit TK. IV 04.07.01 Tegal, bahwa setelah serviks diulas dengan asam asetat, akan terjadi perubahan warna pada serviks yang dapat diamati secara langsung dan dapat dibaca normal atau tidaknya. Dibutuhkan waktu satu sampai dua menit untuk dapat melihat perubahan-perubahan pada jaringan epitel. Serviks yang diberi larutan asam asetat 5% akan merespon lebih cepat daripada larutan 3%. Efek akan menghilang sekitar 50-60 detik sehingga dengan pemberian asam asetat akan didapat hasil gambaran serviks yang normal (merah homogen) dan bercak putih (displasia).

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

BERITA

Diberdayakan oleh Blogger.

Total Tayangan Halaman

Cari Blog Ini

KEGIATAN BULANAN

About

Pages - Menu

Blog Archive