LIR PANDAWA MADHANGI BAWANA

Rabu, 07 Agustus 2019

Prajurit Petarung Yonif 407/PK Laksanakan Hanmars


Tegal,- Dalam rangka USJM (uji siap jasmani militer) tingkat pleton, Prajurit Petarung Yonif 407/PK melaksanakan kegiatan Hanmars (ketahanan mars) dengan route 5 Km di wilayah Adiwerna Komplek. USJM merupakan suatu kegiatan program yang dilaksanakan oleh satuan tempur termasuk Yonif 407/PK, Selasa (05/08/2019).

Kegiatan Hanmars dilaksanakan dengan mekanisme yang telah disiapkan, mulai dari pengecekan kesehatan, peregangan dan pemanasan, pelaksanaan Hanmars serta pelemasan. Titik start dan finish Hanmars berada di Mako Yonif 407/PK. Hanmars tingkat pleton diikuti oleh seluruh pleton dari Kompi  Markas, Kompi Senapan A, Kompi Senapan B dan Kompi Bantuan Yonif 407/PK. Untuk Kompi Senapan C Yonif 407/PK dilaksnakan secara terpisah di Wonopringgo Pekalongan. 


Hanmars tingkat pleton merupakan program kerja satuan dalam pembinaan latihan khususnya satuan tempur yang harus memelihara dan meningkatkan jasmani militer serta meningkatkan kerjasama dan kekompakan dalam hubungan pleton. Dalam pelaksanaan Hanmars tersebut dipimpin oleh masing-masing Komandan Kompi. 

Dalam kesempatan yang berbeda, Komandan Yonif 407/PK Letkol Inf Enrico Setiyo Nugroho, S.Sos., M.Tr (Han) menegaskan bahwa latihan Hanmars tersebut merupakan kesejahteraan bagi Prajurit Petarung Yonif 407/PK. Diharapakan agar kemampuan mental dan fisik prajurit tetap terjaga dengan baik. Hubungan prajurit dalam tingkatan pleton harus solid sehingga selalu siap menghadapi tantangan dan tugas dalam keadaan apapun.


"Untuk menjamin kesiapan jasmani militer Prajurit Petarung Yonif 407/PK diperlukan alat uji dengan metode, kriteria, cara pengujian dan sistem penilaian yang tepat sehingga dapat menjamin objektivitas dan validitas penilaian serta mengetahui tingkat kesiapan jasmani prajurit. Salah satu dan metodenya yaitu dengan menyenggarakan kegiatan USJM," ungkapnya.

Selanjutnya, Pasi Ops Yonif 407/PK menambahkan bahwa dalam penyelenggaraan kegiatan Hanmars tersebut sangat diperlukan peran aktif dari tim penyelenggara dan pendukung. Seperti peran petugas kesehatan (medis), pengamanan maupun dokumentasi juga turut mendukung dalam latihan Hanmars tersebut. "Oleh karna itu, sebelum melaksanakan kegiatan Hanmars untuk tim penyelenggara, pendukung dan pelaku sebelumnya melaksanakan briefing terlebih dahulu agar untuk kegiatan tersebut dapat berjalan dengan lancar dan aman," begitu imbuhnya. (GB/Padmakusuma-Red)
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

BERITA

Diberdayakan oleh Blogger.

Total Tayangan Halaman

Cari Blog Ini

KEGIATAN BULANAN

About

Pages - Menu

Blog Archive