LIR PANDAWA MADHANGI BAWANA

Kamis, 15 Agustus 2019

Tingkatkan Kemampuan, Prajurit Petarung Yonif 407/PK Laksanakan Latihan UST


Tegal,- Yonif 407/PK menggelar kegiatan latihan Uji Siap Tempur (UST) Tingkat Pleton. Kegiatan latihan tersebut diselenggarakan selama empat hari mulai tanggal 12-16 Agustus 2019 di daerah latihan Kecamatan Jatinegara Kabupaten Tegal dan dipimpin langsung oleh Komandan Yonif 407/PK Letkol Inf Enrico Setiyo Nugroho, S.Sos., M.Tr (Han) selaku Komandan Latihan, Kamis (15/08/2019).

Secara keseluruhan, kegiatan latihan Uji Siap Tempur (UST) Tingkat Pleton diikuti oleh enam pleton yang tergabung dalam 3 Kompi Senapan A dan Kompi Senapan B Yonif 407/PK. Selanjutnya untuk Prajurit Petarung Padmakusuma yang tergabung dalam pleton tersebut akan mengadapai beberapa ujian materi diantaranya Lawan Penghadangan Kendaraan, Lawan Penghadangan Jalan Kaki dan Baktis, Patroli Keamanan, Purpa, Patroli Penghadangan dan Baktis, Patroli Penyergapan dan Serangan Pemukiman.


Uji Siap Tempur (UST) Tingkat Peleton merupakan proses rangkaian kegiatan latihan yang dimulai dari latihan-latihan sebelumnya baik latihan tingkat perorangan maupun regu. Latihan tersebut dilaksanakan untuk melihat hasil yang telah dicapai dalam latihan-latihan sebelumnya, sekaligus untuk mengukur tingkat kesiapan tempur Prajurit Petarung Padmakusuma yang tergapung dalam pleton untuk menghadapi suatu operasi.

Latihan tersebut dimaksudkan untuk mengukur tingkat kesiapan tempur Prajurit Petarung Yonif 407/PK dalam hubungan pleton dalam tiap-tiap Kompi. Selain itu juga untuk menilai keberhasilan latihan Satpur (Satuan Tempur) yang telah dilaksanakan dalam rangka program latihan standarisasi khususnya dibidang teknik dan taktik bertempur serta kepemimpinan lapangan dengan tujuan menguji dan mengukur kemampuan tempur prajurit dalam mengaplikasikan teknik, taktik dan prosedur tingkat pleton sesuai ketentuan yang ditetapkan.


Selaku Komandan Latihan, Letkol Inf Enrico Setiyo Nugroho, S.Sos., M. Tr (Han) menyampaikan bahwa latihan Uji Siap Tempur (UST) Tingkat Peleton adalah rangkaian dari pentahapan latihan untuk meningkatkan kemampuan tempur prajuritnya dan satuan Yonif 407/PK yang mengacu pada siklus latihan Satpur tingkat Batalyon dalam proglatsi setelah melaksanakan latihan Teknis/Taktis Tingkat Peleton.

Letkol Inf Enrico Setiyo Nugroho, S.Sos., M. Tr (Han) memberikan penekanan kepada seluruh prajuritnya, khusunya yang tergabung melaksanakan Uji Siap Tempur (UST) Tingkat Peleton agar dalam pelaksanaan latihan selalu berpegang teguh pada Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan Delapan Wajib TNI.


"Laksanakan kegiatan latihan UST dengan maksimal dan penuh tanggung jawab, perhatikan naluri dan disiplin tempur dalam berlatih. Jangan menganggap latihan tersebut sebagai rutinitas melainkan sebagai kegiatan membentuk karakter sebagai Prajurit Petarung Padmakusuma yang terlatih dan tangguh. Diharapkan dengan adanya latihan UST Kompi ini dapat menjadi bekal untuk prajurit Yonif 407/PK dalam melaksanakan fungsi dan tanggung jawabnya sesuai tugas dan jabatan masing-masing prajurit sehingga selalu siap untuk mendukung pelaksanaan tugas pokok sebagai prajurit," begitu pungkasnya. (GB/Padmakusuma-Red)
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

BERITA

Diberdayakan oleh Blogger.

Total Tayangan Halaman

Cari Blog Ini

KEGIATAN BULANAN

About

Pages - Menu

Blog Archive